Stock of the week

INAF Sudah Naik Tinggi… Apakah KAEF Bisa Naik Tinggi Juga? Berikut Rekomendasi Kami

Kami saat ini sedang mengamati dan memantau pergerakkan saham INAF yang sangat tinggi dan saham KAEF yang terlihat juga sudah ada persiapan untuk bergerak naik tinggi. Inilah yang membuat kami tertarik untuk membahas dan membandingkan keduanya. Kemudian kedua saham tersebut ada didalam industri CONSUMER.

Bagaimana Pergerakkan Industri CONSUMER?

Sebelum menganalisa saham INAF dan KAEF, mari kita lihat bagaimana dengan pergerakkan indeks dari industri CONSUMER.

Indeks industri CONSUMER bergerak melemah seiring dengan melemahnya IHSG. Kemarin hari Jumat (11 November 2016) indeks ditutup melemah sebesar 128 (-5.16%) dengan volume yang cukup tinggi, hampir 2 kali diatas rata-rata harian 20 hari terakhir. Trend besar masih menunjukkan kenaikkan, hanya saja sudah mulai terlihat momentum yang semakin melemah, dan mulai berganti momentum.

Prediksi kami, indeks masih akan bergerak ke area support yang letaknya masih dibawah dengan range sekitar 2280 – 2337; dan indeks kemarin ditutup terakhir di 2459.

2016-11-12_consumer-indeks

Setelah kita mengetahui kondisi dari indeks industri CONSUMER, kita bisa lihat pergerakkan dan performance dari harga saham INAF dan KAEF. Mari kita analisa secara technical dengan melihat price action dan bandarmologi dari kedua saham tersebut.

Technical Analysis Dan Bandarmologi Saham INAF dan KAEF

Trend INAF Dan KAEF Adalah UP

Trend saham INAF terlihat masih bergerak naik dengan selalu membuat higher high (HH), dan saat ini harga membentuk all time high semenjak saham ini IPO.

2016-11-12_inaf-trend

Saham KAEF, terlihat harga berusaha rebound dari koreksi yang cukup dalam. Harga sempat bergerak tajam naik, kemudian mengalami koreksi yang lumayan dalam, akan tetapi jika dilihat saham masih bergerak naik karena selalu membentuk higher high baru.

2016-11-12_kaef-trend

Momentum INAF dan KAEF Masih UP

INAF memiliki momentum naik dan masih sangat kuat, hal ini terlihat dari MA 20 dan MA 50 yang bergerak semakin melebar dan menjauh. Semakin melebar berarti semakin menguat.

2016-11-12_inaf-momentum

Sedangkan KAEF agak sedikit berbeda dengan INAF. Walaupun momentum masih naik, akan tetapi momentum sempat melemah setelah harga mengalami koreksi cukup dalam dan saat ini harga berusaha untuk rebound dari koreksi yang terjadi.

2016-11-12_kaef-momentum

Identifikasi Support Dan Resistance

Kedua saham sudah berhasil teridentifikasi Support dan Resistancenya. Terlihat harga dari saham INAF meninggalkan area konsolidasinya sudah terlalu jauh dan rawan sekali take profit action dari para pelaku pasar. Hal ini akan kita dalami lebih lanjut di bagian Volume dan Bandarmologi.

2016-11-12_inaf-snr

Kemudian untuk saham KAEF, terlihat baru saja harga menembus area konsolidasinya. Kita akan dalami lebih lanjut lagi di bagian volume dan bandarmologi setelah ini.

2016-11-12_kaef-snr

Bagaimana Candlestick dan Volume INAF dan KAEF? Mau Kemana Harga Bergerak?

Harga dari saham INAF membentuk pola candlestick bullish akan tetapi memiliki wick/buntut yang cukup panjang hampir menyerupai pola shooting star, hanya saja bodynya masih cukup panjang. Hal ini mengindikaskan bahwa harga bergerak naik akan tetapi ada tekanan seller yang hendak menekan harga bergerak kebawah.

Jika dilihat dari volume, ternyata pergerakkan ini volumenya tidak besar dan hal ini menginformasikan kepada kita bahwa walaupun pihak seller sudah masuk, akan tetapi masih kurang ada power yang bisa membawa harga kebawah lagi. Jadi prediksi kami harga masih akan bergerak keatas.

2016-11-12_inaf-cs-dan-volume

Kemudian bagaimana dengan harga saham KAEF? harga ternyata membentuk hammer yang menolak area konsolidasi dengan volume yang cukup tinggi. Hal ini mengindikasikan ketika harga kembali kebawah, ada dorongan buyer dan seller yang cukup besar sehingga menjadikan volume transaksi menjadi tinggi. Pertempuran buyer dan seller, masih dimenangi oleh pihak buyer; hal ini terlihat dari wick yang terjadi cukup tinggi dibandingkan body candlestick.

Prediksi kami harga masih akan meneruskan pergerakkan naik. Walaupun begitu juga, teman-teman jangan mengharap langsung “nendang” keatas, karena bisa saja harga akan bergerak pelan-pelan akan tetapi masih naik.

2016-11-12_kaef-cs-dan-volume

Bagaimana Posisi Bandar Terhadap Saham INAF dan KAEF?

Bandar terlihat masih melakukan akumulasi terhadai saham INAF, sehingga kita masih percaya diri bahwa harga masih melakukan pergerakkan naik dan mengkonfirmasi candlestick pattern dan volume yang terjadi. Harga masih bergerak naik menuju target berikutnya antara 5000 sampai dengan 6000.

2016-11-12_inaf-bandarmologi

Kemudian, bagaimana dengan posisi bandar di saham KAEF? Bandar ternyata masih melakukan akumulasi, akan tetapi proses akumulasinya tidak sesering dan sebanyak INAF. Sinyal yang kami berikan kami kemarin untuk membeli saham ini masih valid karena didukung bandar yang masih melakukan akumulasi; posisi bandari ini mengkonfirmasi analisa kami atas pola candlestick dan volume yang menandakan harga akan masih akan bergerak naik.

2016-11-12_kaef-bandarmologi

Apakah KAEF Bisa Seperti INAF?

Seperti apa sih performance kenaikkan harga KAEF dan INAF? mari kita lihat grafik pergerakkan harga dari awal tahun sampai dengan kemarin hari Jumat (11 November 2016).

2016-11-12_inaf-ytd

2016-11-12_kaef-ytd

Terlihat INAF sudah menguat 2400% dari awal tahun. Kenaikkan harga nya sudah fantastis. Setelah kita menganalisa lengkap berdasarkan Technical Analysis (price action) dan Bandarmologi, ternyata harga masih dalam posisi trend naik dan bandar masih selalu melakukan akumulasi. Pasti ada sesuatu hal yang positif oleh pihak yang memiliki cukup uang dan mampu untuk membawa harga lebih tinggi lagi dan tidak bisa dilihat oleh pihak retail, yaitu bandar.

Kemudian KAEF sudah menguat cukup tinggi juga, akan tetapi tidak setinggi INAF, yakni 269%. Jika dilihat dari pattern dan price action yang terbentuk, KAEF pada bulan september mengalami koreksi yang cukup dalam dan INAF masih melanjutkan pergerakkan naiknya. Oleh karena itu kami prediksi KAEF akan mencoba bergerak naik kembali untuk melanjutkan trendnya akan tetapi untuk tahun ini masih belum bisa mengejar INAF.

Oleh karena itu KAEF masih memiliki kesempatan dan probabilitas tinggi untuk bergerak naik tinggi mengikuti INAF.

Lalu muncul pertanyaan lagi, bagaimana dengan IHSG dan indeks CONSUMER? Bukannya tidak searah?

Perlu kita ketahui bahwa pergerakkan INAF dan KAEF ini tidak selaras dengan indeks industri CONSUMER, dimana kita lihat pergerakkan naik dari indeks tidak “semulus” INAF dan KAEF tetapi bergerak naik turun.

Jadi kami melihat KAEF ini masih bisa layak diikuti sinyal buy-nya karena memiliki potensi dan probabilitas yang cukup tinggi untuk harga bisa bergerak tinggi dengan momentum kuat seperti momentum yang dimiliki oleh INAF.

Demikian ulasan dan analisa kami.

Happy trading and Have a nice weekend…

 

 

Previous ArticleNext Article

1 Comment

  1. bagus sekali analisa teknikal nya…sangat membantu utk memperdalam ilmu analisa teknikal nya…kebetulan sy lagi mendalami analisa teknikalnya…free ya…tetap semangat menulis ya dan mengajarkan ilmu via blog utk setiap pembaca setia nya…salam profit..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *