Rekomendasi Harian

IHSG Kemarin Masih Bergerak Terbatas. Saham NIKL, BRPT, MASA, TRAM, KAEF Kami Highlight Khusus… (22 November 2016)

IHSG

IHSG kemarin ditutup sedikit melemah 21 points (-0.42%) dengan volume masih dibawah rata-rata akan tetapi lebih tinggi dibandingkan dengan 4 hari sebelumnya dan sama dengan 5 hari sebelumnya. Pergerakkan indeks ini membentuk pola candlestick doji. Hal ini mengindikasikan pihak buyer mulai masuk ke market akan tetapi masih belum banyak.

Kemudian pihak asing berhasil membukukan net sell sebesar 141 Milyar. Posisi net sell ini memiliki posisi yang sama dengan hari sebelumnya dan dari hari sebelum-sebelumnyanya semakin berkurang sejak IHSG melemah kuat. Hal ini menginformasikan kepada kita bahwa semakin berkurangnya pihak asing pergi dari pasar modal Indonesia.

Seluruh industri hampir semuanya “merah” atau melemah, akan tetapi ada yang tetap menguat dan dua industri yang paling menguat adalah MINING (1.21%) dan MISC-IND (0.44%). Lalu industri yang paling melemah adalah industri TRADE (-0.89%) dan FINANCE (-0.75%).

2016-11-21_heatmap

Apa yang akan terjadi pada IHSG hari ini?

IHSG kami prediksikan masih akan mengalami bergerak terbatas, dan ada kemungkinan indeks akan bergerak naik mendekati ke resistance area konsolidasinya. Hal ini dilihat dari penutupan pasar kemarin yang muncul pola candlestick doji dengan volume yang mulai tinggi dimana menginformasikan kepada kita bahwa buyer mulai banyak masuk.

Banyak informasi yang beredar bahwa market Indonesia siap-siap jatuh dan ini dimulai dari awal kejatuhan dari pasar modal Indonesia. Kami tegaskan kembali, hal ini masih belum terlihat dari chart IHSG yang kami pantau setiap harinya.
Sebaiknya kita jangan terbawa dengan ketakutan kita melihat analisa di beberapa portal berita yang menginformasikan demikian. Jika ingin melihat fase kejatuhan bukan pada saat ini, masih jauh, jika indeks turun bukan artinya indeks benar-benar jatuh; masih banyak support-support kuat yang bisa “menopang” indeks.

Mari kita pantau bersama perkembangan pergerakkan indeks.

2016-11-21_ihsg

Saham Highlight

Berikut adalah saham-saham yang perlu kami highlight pergerakkannya:

BRPT

Harga saat ini sedang di area konsolidasi dimana terlihat selain volume yang dibawah rata-rata, pihak bandar masih melakukan akumulasi terhada saham ini. Jika saham ini menembus area konsolidasi dengan volume tinggi maka hal ini menjadi sinyal buy.

Rekomendasi kami saat ini untuk saham BRPT masih watch and see.

Analysis Summary:

  1. Trend Up
  2. Momentum Up Kuat
  3. Saat ini harga di area konsolidasi yang bisa menjadikan support dan resistance ketika harga menembusnya.
  4. Harga saat ini membentuk pola candlestick bullish dengan volume di rata-rata harian 20 hari terakhir.
  5. Pihak bandar terus melakukan akumulasi sejak area konsolidasi terbentuk.

2016-11-21_brpt

TRAM

Harga kemarin bergerak melemah dengan volume yang jauh lebih kecil daripada dua hari kemarin; terlihat juga bahwa tidak ada aktifitas bandar yang melakukan akumulasi, sehingga menjadi saham tidak bergerak naik, dan pihak bandar yang melakukan akumulasi sebelum2nya, di hari kemarin menjual sebagian bagiannya untuk “mengencerkan” market hari ini.

Rekomendasi kami masih watch and see terhadap TRAM bagi yang belum memiliki saham ini. Bagi yang sudah mengkoleksi bisa hold karena belum ada sinyal untuk sell.

Analysis Summary:

  1. Trend Up
  2. Momentum Up Kuat
  3. Saat ini harga di atas area support dan dibawah area resistance. Saat ini harga mulai bergerak tanpa arah atau mulai membentuk area sideways/konsolidasi.
  4. Harga saat ini membentuk pola candlestick bearish dengan volume di rata-rata harian 20 hari terakhir akan tetapi masih jauh lebih kecil dibandingkan dengan volume transaksi di 2 hari sebelumnya.
  5. Pihak bandar masih terus melakukan akumulasi

2016-11-21_tram

KAEF

Kami tertarik dengan KAEF, karena harga saat ini bergerak ke area supportnya untuk test kedua. Saat ini ada gejala harga akan meninggalkan area support. JIKA harga hari ini menguat dan ditutup diatas 2390 (garis putus-putus) dengan volume tinggi dan bandar akumulasi kuat, maka sinyal buy.

Saham ini layak dimasukkan dalam watchlist dan teman-teman masih watch and see.

Analysis Summary:

  1. Trend Sideways
  2. Momentum Up Lemah (Sideways)
  3. Saat ini harga di area support dan sedang mencoba test area support ini kedua kalinya.
  4. Harga saat ini membentuk pola candlestick bullish dengan volume di bawah rata-rata harian 20 hari terakhir.
  5. Pihak bandar masih terus melakukan akumulasi

2016-11-21_kaef

MASA

Harga hari ini mulai bergerak naik kembali dan mengkonfirmasikan area konsolidasi. Volume rendah dibawah rata-rata hariannya di 20 hari terakhir dan pihak bandar masih melakukan akumulasi selama harga di area konsolidasi baru.
Saham MASA layak dimasukkan ke dalam watchlist dan teman-teman masih watch and see terhadap saham ini.

Analysis Summary:

  1. Trend UP
  2. Momentum Up Kuat
  3. Saat ini harga di area konsolidasi yang baru saja dikonfirmasikan kemarin.
  4. Harga saat ini membentuk pola candlestick bullish dengan volume di bawah rata-rata harian 20 hari terakhir.
  5. Pihak bandar masih terus melakukan akumulasi di area konsolidasi ini.

2016-11-21_masa

KREN

Harga kembali ke area konsolidasi dengan volume dibawah rata-rata dimana menginformasikan kepada kita bahwa harga melakukan test ulang lagi kepada area konsolidasi yang baru saja ditembusnya.
Prediksi kami, harga tidak akan lama di area support tersebut, dan segera memantul.
Pihak bandar kemarin juga masih netral cenderung masih menguat.

Bagi yang sudah mengkoleksi saham ini, tidak perlu panik, yang terpenting kita sudah mengetahui level proteksi atau cut loss. Bagi yang belum mengkoleksi saham ini masih watch and see.

Analysis Summary:

  1. Trend UP
  2. Momentum Up Kuat
  3. Saat ini harga masuk kembali ke area konsolidasi yang baru saja ditembusnya.
  4. Harga saat ini membentuk pola candlestick bearish dengan volume di bawah rata-rata harian 20 hari terakhir.
  5. Pihak bandar netral cenderung akumulasi.

2016-11-21_kren

Saham-saham ini akan selalu kami monitor dan kami juga memiliki beberapa saham yang memiliki probabilitas tinggi untuk menjadikan sebuah sinyal buy didalam watchlist saham unggulan kami.

Kemudian jika teman-teman ingin mendapatkan update dari kami secepatnya, teman-teman bisa join di channel telegram kami di http://telegram.me/temantrader.

Disclaimer:
Highlight dan rekomendasi saham kami adalah murni hasil analisa kami dan untuk kepentingan edukasi. Realisasi dari rekomendasi kami adalah keputusan akhir dari teman-teman trader.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *