Market Review

IHSG Ditutup Melemah 4%. Jangan Panik. Sesuaikan Posisi Trading Dengan Trading Plan

Hari ini IHSG ditutup melemah 4%, dan menimbulkan kepanikan dimana-mana. Melemahnya IHSG hari ini karena asing membukukan net sell 2.4T.
Psikologis optimisme dan pesimisme para trader/investor sedang diuji hari ini.

Apakah ini artinya market sedang digoyang dan digoreng oleh pihak asing untuk merontokkan pemain retail?

Kami sekilas melihat ini, walaupun indeks ada pelemahan tajam sebesar 4% ini tidak diikuti oleh volume; Volume MASIH dibawah rata-rata 20 hari terakhir.
Bisa saja hal ini merupakan pancingan dari pihak asing untuk memancing para retail menjual dan mereka akan buy back. who knows 🙂

2016-11-11_ihsg-sesi2

Apa yang akan terjadi?

Praduga kami, harga masih akan mencoba berekasi dengan membuat pergerakkan terbatas di area supoprt (5180 – 5200) dan ada kemungkinan akan memantul.

Kemungkinan memantul ini sebenarnya masih harapan :), dan kita bisa melihat possibility dan probability memantul sebenarnya setelah ada price action di area support tersebut; saat ini kita belum bisa menyimpulkan, hanya saja kita bisa melihat bahwa pergerakkan trend menembus area konsolidasi besar masih lemah dan belum ada “tenaga” yang mendorong indeks bergerak lebih lemah lagi. Mari kita lihat bersama pergerakkan IHSG seiringan dengan berjalannya waktu…

Jadi, jangan panik. Jika teman-teman memiliki posisi jalankan trading plan-nya sesuai dengan yang sudah dibuat sebelumnya.

Tetap Ingat Satu hal… “Plan your trade and trade your plan”

Have a nice weekend teman-teman… Tetap semangat!!!

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *