Market Review

[Breaking News] IHSG Dibuka Dan Bergerak Melemah. Tidak Perlu Panik…

Update: Kami telah posting update kondisi IHSG terbaru (11 November 2016) setelah market tutup dan bisa diakses disini

Teman-teman Trader…

Seperti yang kita ketahui pada pagi ini IHSG dibuka melemah dan terus melemah sampai ditutup di sesi pertama perdagangan. Mari kita review bersama.

Pada timeframe harian terlihat walaupun IHSG bergerak melemah sampai menyentuh 3% akan tetapi volume masih kecil.

2016-11-11_ihsg-daily

Apa yang bisa kita serap dari informasi ini? Ini berarti walaupun harga turun jauh, masih belum banyak pelaku pasar yang masuk ke pasar sampai sesi pertama dimana terlihat dari volume yang terjadi di sesi pertama ini.

Dugaan kami karena kurs mata uang asing USD terhadap IDR yang menguat dan mencapai Rp13.500,- per $1 USD. Oleh karena itu dugaan kami ini hanyalah panic selling. Dan kita hendaknya tidak mengikuti kepanikan pasar saat ini.

Untuk meyakinkan analisa kita lagi, mari kita melihat IHSG dari timeframe yang lebih besar lagi, yakni timeframe mingguan.

2016-11-11_ihsg-weekly

Di timeframe mingguan, terlihat trend masih naik dimana IHSG di minggu ini berhasil membuat higher high baru. Kemudian dari sisi momentum masih cukup kuat dan harga saat ini mencoba untuk menyentuh MA20 dan tidak mungkin juga nanti pada saat sesi kedua indeks akan kembali ke atas dan ditutup masih didalam area konsolidasi besar (garis putus-putus hitam).

Hal ini memperkuat opini kami untuk tidak panik dengan kondisi pasar pada sesi pertama ini.

Dari pelemahan ini, ternyata masih ada industri yang menguat, yakni AGRI dan MINING. Saham-saham yang berada di industri ini tidak terlalu berdampak.

2016-11-11_heatmap-sesi1

Mari kita monitor bersama pergerakkan IHSG hari ini terutama pada saat penutupan pasar hari ini nanti sore. Untuk keputusan akhir apakah kita hendak melepas saham yang kita trading-kan sebaiknya pada saat pasar ditutup hari ini dan juga tergantung dengan aksi dari harga (price action) dari saham yang di-trading-kan.

Happy Trading…

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *