Stock of the week

Apa Yang Terjadi Dengan Saham TRAM? Bagaimana Kedepannya?

Minggu ini banyak teman-teman yang membicarakan saham TRAM yang baru saja dibuka suspension-nya lagi sejak 27 Oktober 2016 lalu. Lalu banyak inbox/japri kepada kami yang menanyakan apakah bisa sudah bisa masuk? Hal ini yang menginspirasi kami untuk membahas saham TRAM dari sisi technical analysis (Price Action) dan Bandarmologi.

Kami disini akan membahas satu persatu dari Trend, price action, dan bandarmologi. Mari kita masuk ke Trend sebagai awal dari analisa kami.

Trend Saham TRAM: UP

Sejak dibuka kembali saham TRAM ini setelah tidur lama pada tanggal 6 Oktober 2016, kami melihat trend dari saham ini masih bergerak naik dengan membentuk HH dan HL.

2016-11-20_tram-trend

Momentum Saham TRAM : UP KUAT

Setelah kita mengetahui trend masih naik, mari kita cek moving average periode 20 dan 50. Ternyata MA20 dan 50 masih sangat kuat, karena kedua MA bergerak menjauh.

2016-11-20_tram-momentum

Identifikasi Support dan Resistance Saham TRAM

Dalam setiap analisa kami harus identifikasi support dan resistance (SnR), karena harga memiliki kebiasaan akan bergerak dari satu terminal ke terminal lain dimana terminal ini adalah area SnR. Area SnR ini terbentuk dari area konsolidasi yang terbentuk oleh pergerakkna harga sebelumnya.

Saham TRAM ini kami berhasil mengidentifikasikan SnR yang “tercetak” didalam chart dimana support terlihat dan harga baru saja menembus area support. Kemudian untuk identifikasi area resistance ada sedikit challenge bagi kami karena ternyata untuk area resistance terbentuk dari area konsolidasi harga yang terjadi pada awal tahun 2015.

Kemudian kami menyimpulkan bahwa area resistance yang sangat kuat untuk bergerak ada di sekitar 250.

2016-11-20_tram-snr

Candlestick Dan Volume Saham TRAM: Shooting Star Dengan Volume Tinggi

Setelah melihat trend, momentum dan area SnR, kami melihat harga saat ini bergerak naik, akan tetapi pada penutupan pasar kemarin, terlihat harga membentuk pola candlestick shooting star dengan volume tinggi yang memberikan informasi bahwa pergerakkan harga keatas saat ini melemah dan pausing.

2016-11-20_cs-and-volume

Bandarmologi Saham TRAM

Kita ketahui Saham TRAM bergerak sudah melemah dan cenderung berhenti karena adanya pola candlestick shooting star disertai volume tinggi. Bagaimana dengan pihak bandar? ternyata pihak bandar masih melakukan akumulasi dan belum ada penunjukkan pelemahan dari pihak bandar. Hal ini terlihat dari pergerakkan bandar pada saat shooting star candlestick terbentuk.

2016-11-20_cs-and-volume-2

Dari seluruh informasi yang didapatkan ini, kita memprediksikan saham masih akan bergerak terbatas untuk satu minggu ke depan walaupun trend masih naik dan momentum masih kuat. JIKA harga tidak bergerak terbatas dan naik, harga aka mencoba bergerak kebawah sedikit untuk melakukan testing terhadap area konsolidasi area yang baru di tembusnya.

OK… dari seluruh sisi tecnical analysis dan bandarmologi sudah kami analisa dan mendapatkan hasil pembacaan pergerakkan harga. Hanya saja kami masih sangat penasaran dengan pihak investor/smart money/big players/big boys/market maker/bandar yang terus mengakumulasi saham ini sejak dibuka kembali supsensionnya setelah “tertidur” selama hampir satu tahun. Siapa saja mereka?

Kami lihat secara partial terlebih dahulu, kemudian kami gabungkan dari tanggal 7 Oktober – 18 November 2016.

2016-11-20_cek-bandar

2016-11-20_list-bandar-1

Dari pihak-pihak big boys yang masuk dalam perdagangan ini terlihat CP terus melakukan akumulasi terus menerus dan berhasil menduduki top 3; hanya pada hari Jumat kemarin pada saat harga membentuk candlestick shooting star, CP tidak terlihat di Top 3.

Kami tertarik dengan pihak LH dan BS yang mengakumulasi besar pada hari Kamis kemarin dimana jika dilihat secara keseluruhan dari tanggal 7 Oktober sampai dengan 18 November lalu, mengkukuhkan diri mereka di Top 3 setelah CP.

Jadi CP, LH, dan BS inilah pihak top 3 terbesar yang melakukan akumulasi semenjadi TRAM dibuka kembali di awal Oktober lalu.

Kemudian kita lihat pihak yang melakukan sell dan selalu melakukan distribusi dan ada di Top 3 Sellers, yaitu CC dan YP. Pattern dari pergerakkan dari pihak bandar yang melakukan selling masih tidak seteratur dari pihak yang buying.

Kesimpulan kami untuk “pelaku pasar” yang bisa menggerakkan market ini kami prediksi masih bisa mensupport harga bergerak naik lebih tinggi menuju area target 250.

NEXT ACTION Untuk Saham TRAM: BUY atau BENGONG?

OK. Sampai disini kita sudah memiliki data dan kesimpulan analisa yang kita butuhkan untuk menentukan next action yang bisa kita lakukan.

Hasil analisa kami harga akan bergerak terbatas, akan tetapi keterbatasan ini akan menjadi dua scenario, yakni terbatas di sekitar saat ini area bergerak DAN harga akan bergerak sedikit kebawah hendak menguji area support.

Kita bisa melakukan beli saham TRAM ini pada saat:

  1. Scenario 1: Harga menembus area konsolidasi yang mungkin saja terbentuk nantinya, atau
  2. Scenario 2: Harga bergerak kebawah untuk menguji area support, dan kita sebagai trader bisa masuk setelah ada sinyal yang mengkonfirmasi harga memantul kembali keatas.

Saat ini posisi kita adalah mengamati pergerakkan harga sampai harga memberikan sinyal BUY. Bagi anda yang telah membeli saham ini setelah membaca rekomendasi kami pada 28 Oktober 2016, kami ucapkan selamat :), karena harga sudah bergerak tinggi. Jika harga membentuk area konsolidasi pada scenario 1, dan harga breakdown bergerak kebawah, teman-teman bisa melakukan Sell untuk Cut Profit.

2016-11-20_tram-next-action

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga analisa kami ini bisa membantuk teman-teman untuk analisa lebih lanjut untuk rencana trading teman-teman minggu depan. Segala analisa dan rekomendasi yang kami berikan ini untuk kepentingan edukasi. Disclaimer tetapi masih ON 🙂

Disclaimer:
Highlight dan rekomendasi saham kami adalah murni hasil analisa kami dan untuk kepentingan edukasi. Realisasi dari rekomendasi kami adalah keputusan akhir dari teman-teman trader.

Have a nice weekend teman-teman dan selalu profit konsisten!

 

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *