Stock of the week

Apa Yang Terjadi Dengan Saham BUMI dan Mau Kemana?

Postingan ini kami buat berkat masukkan dan request dari teman-teman untuk menganalisa pergerakkan saham BUMI. Kami sudah memberikan analisa sejak hari Senin dan Selasa kemarin. Khusus untuk hari ini, kami akan memberikan analisa kami secara lengkap terutama setelah munculnya Donald Trump sebagai pemenang US election.

Analisa kami ini adalah analisa dari sisi technical analysis (Price Action) dan bandarmologi. Analisa kami akan dimulai dari melihat index Pertambangan (MINING) sebagai industri dari saham BUMI ini dan spesifik ke saham BUMI.

Bagaimana Pergerakkan Industri MINING?

Indeks hari ini bergerak melemah di sesi pertama, akan tetapi setelah dipastikannya Donald Trump market langsung bergerak naik dan pergerakkan indeks hari ini ditutup dengan wick atau buntut di bawah cukup panjang (Hammer Pattern) dengan volume rendah.

Untuk beberapa hari ke depan indeks akan bergerak terbatas karena di 2-3 candle terakhir memiliki body candlestick yang cukup kecil dan disertai volume transaksi yang kurang besar. Ini berarti belum adanya “kekuatan” dari pelaku pasar untuk mendorong indeks bergerak naik.

Kemudian dilihat dari pihak asing, pihak asing masih selalu melakukan distribusi. Jadi kita sebagai trader harus selalu hati-hati terhadap saham dibawah industri pertambangan ini.

2016-11-09_mining-bumi

Trend Saham BUMI Saat Ini

Untuk membaca dan menganalisa saham BUMI ini lebih dalam, mari kita lihat trend yang terbentuk dari harga saham ini.

Semenjak Saham BUMI ini “bangkit”, saham ini bergerak menguat dan selalu membentuk Higher High baru. Saat ini harga berada di titik tertinggi setelah saham BUMI bangkit dari “kematian” yang cukup lama. ūüôā

TREND = UP

Untuk jelasnya bisa dilihat pada chart dibawah.

2016-11-09_bumi-trend

Momentum Saham BUMI Masih Kuat Keatas

Setelah kita memastikan trend saham BUMI UP, bagaimana dengan momentum dari pergerakkan harganya?

Kami melihat pergerakkan harga dengan kombinasi dua buah MA, MA20 dan MA50. Jika harga diatas MA20 dan diatas MA50 maka momentum harga keatas, dan jika MA20 semakin menjauh keatas dari MA50, maka momentum harga semakin kuat keatas.

Saat ini harga berada di atas MA20 dan posisi MA20 berada diatas MA50 dan menjauh. Menjauhnya MA20 bermakna bahwa momentum makin pergerakkan naik makin kuat. Jika harga turun mengarah ke MA20 maka ada kemungkinan harga akan segera memantul dari area MA20, hal ini karena momentum masih kuat.

MOMENTUM = KUAT

2016-11-09_bumi-momentum

Support dan Resistance Yang Terbentuk

Berikut adalah support dan resistance (SnR) saham BUMI yang terbentuk. SnR dimaksud adalah area sideways yang terbentuk dari area konsolidasi sebelum-sebelumnya.

Saat ini harga baru saja menembus area konsolidasi dan berada di atas area konsolidasi. Seluruh SnR yang berhasil kami identifikasi bisa dilihat pada chart dibawah.

2016-11-09_bumi-snr

Pola Candlestick dan Volume Menginformasikan Kebingungan Arah Pergerakkan

Harga saat ini bergerak terbatas dan membentuk pola candlestick hanging man dan sebelumnya terbentuk doji. Hal ini menginformasikan bahwa market sedang ‚Äúgalau‚ÄĚ tidak tau arah mau kemana.

Kemudian jika kita lihat dari sisi volume yang terbentuk di dua pola candlestick ini cukup tinggi dan diatas rata-rata volume transaksi di 20 hari terakhir.

Informasi apa yang kita dapatkan dari pola candlestick dan volume?

Pelaku pasar masih belum bisa menentukan arah berikutnya dan masih ragu-ragu untuk masuk ke pasar. Saat ini harga masih berkutat di range area doji yang terbentuk.

Lalu, apa yang harus dilakukan?

Untuk ke depannya kami menyarankan untuk do nothing terhadap saham ini baik untuk swing trading atau trend following trading karena sudah terbentuknya pola candle dan volume tinggi saat ini.

2016-11-09_bumi-cs-and-volume

Bagaimana Dan Apa Yang Dilakukan Oleh Bandar?

OK… setelah kami¬†menganalisa¬†dari price action dan volume transaksi terlihat bahwa¬†beberapa candlestick terakhir yang menembus area konsolidasi/sideways dengan volume tinggi; walaupun begitu juga secara keseluruhan volume berangsur-angsur melemah.

Untuk meyakinkan analisa dari sisi technical analysis, mari kita analisa berdasarkan action yang dilakukan bandar. Ternyata bandar melakukan distribusi terutama pada saat harga melakukan konsolidasi; Bahkan pada saat harga menembus area konsolidasi dengan volume tinggi, ternyata pihak bandar melakukan distribusi besar-besaran (bahkan terbesar sejak saham BUMI ini “bangkit”).

2016-11-09_bumi-bandarmologi

Action Apa Yang Harus Dilakukan Terhadap Saham BUMI?

Setelah kita melihat analisa dari sisi technical analysis dan bandarmologi, bagaimana selanjutnya? Action apa yang perlu dilakukan?

Kami tidak menyarankan untuk masuk ke dalam pasar karena selain kekuatan untuk mendorong harga naik semakin melemah, dan ternyata pihak bandar juga melakukan distribusi. Jika teman-teman tetap ingin masuk ke pasar untuk intra day trading, harap berhati-hati dan pastikan rencana peletakkan level cut loss tetap ada.

Akhir kata, kami mengingatkan kepada teman-teman untuk selalu tentukan level cut loss guna membatasi kerugian teman-teman yang bisa lebih dalam lagi. Kita tidak tau pasti harga bergerak kemana, yang kita baca dan analisa pada chart adalah history atas pergerakkan harga, volume, dan bandar sebelumnya untuk mencari probabilitas terbesar harga bergerak kedepannya.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *