Rekomendasi Harian

Apa Rekomendasi Saham Hari ini? KREN… (18 November 2016)

IHSG

IHSG kemarin bergerak melemah sebesar 8 points (0.15%) membentuk pola candlestick spinning top  dengan volume masih dibawah rata-rata. Volume transaksi yang terjadi kemarin dengan hari sebelumnya memiliki kecenderungan yang sama. Hal ini mengindikasikan mulai masuknya seller yang menekan indeks sehingga indeks tidak bisa bergerak bebas naik.

Pihak asing membukukan net sell sebesar 144 Milyar; Lebih besar/naik dari hari-hari sebelumnya. Hal ini menginformasikan kepada kita bahwa asing sudah mulai masuk ke pasar akan tetapi masih belum seluruhnya.

Industri yang paling menguat adalah INFRASTRUCTURE (0.80%) dan BASIC-IND (0.58%). Kemudian industri yang paling melemah adalah MINING (-1.43%) dan PROPERTY (-0.72%).

2016-11-17_heatmap

Apa yang terjadi dengan IHSG hari ini?

Dari informasi yang kita dapatkan dari pergerakkan indeks dan volume kemarin beserta posisi indeks terhadap area support, maka kita bisa melihat bahwa pergerakkan IHSG kemarin agak sedikit tertekan karena pihak seller sudah banyak yang masuk ke pasar, kemudian para pelaku pasar masih belum banyak masuk ke pasar karena masih dibawah volume transaksi rata-rata.

Prediksi kami indeks masih bergerak terbatas di area 5050 – 5200. Butuh volume yang tinggi bagi indeks untuk bergerak naik. Volume tinggi maksudnya disini adalah keberadaan pihak asing lebih banyak lagi untuk masuk ke pasar. Dari indikasi pergerakkan net sell yang terjadi dari hari ke hari, “hujan” penarikkan dana dari pasar Indonesia sepertinya sudah mereda, sehingga tidak menutup kemungkinan indeks bisa mulai bergerak naik.

Mari kita monitor bersama pergerakkan IHSG hari ini…

2016-11-17_ihsg

Saham Highlight

Berikut saham yang kami perlu highlight

TRAM

Saham ini kami spesial highlight karena pada tanggal 28 Oktober lalu kami telah rekomendasi dan mengingatkan untuk bisa membeli saham setelah saham ini di-unsuspend.

Setelah kemarin dibukanya suspension TRAM di pasar bursa, harga langsung bergerak menguat tinggi sebesar 45 points (34.62%). Pergerakkan ini ternyata didorong oleh bandar yang melakukan akumulasi besar-besaran.

Dengan volume tinggi yang disupport oleh bandar maka penguatan TRAM diperkirakan masih berlanjut sampai dengan hari ini.

2016-11-17_tram

Muncul pertanyaan, resistance kuat terdekat yang bisa digunakan sebagai target? targetnya adalah 250. Resistance terbentuk dari area konsolidasi yang terbentuk sebelumnya dengan volume tinggi di sekitar area tersebut.

2016-11-17_tram-2

Mari kita monitor bersama.

BSIM

Harga membentuk area konsolidasi. kemudian harga bersiap-siap untuk menembus area konsolidasi; volume semakin meningkat dan bandari tetap melakukan konsolidasi.

Saham ini masuk ke watchlist kami untuk dipantau dan diperhatikan untuk sinyal buy-nya.

2016-11-17_bsim

MASA

Harga saat ini bergerak melemah menuju support terdekat.
Teridentifikasi ada dua support terdekat dengan kekuatan yang berbeda.
Dari kekuatan volume dan bandar yang masih secara terus menerus melakukan akumulasi, prediksi kami harga akan mengarah ke support paling dekat yakni area support 275.

2016-11-17_masa

PPRO

Harga setelah menembus area konsolidasi dan trend line, harga mengalami ketidak tentuan arah karena membentuk pola candlestick spinning top. Jika dilihat dari volume yang terbentuk cukup kecil dibawah rata-rata, hal ini mengindikasikan para bandar masih belum bisa masuk pasar lagi mendorong harga keatas lagi.

JIKA harga kebawah, maka harga akan melakukan retest ke area support. Tidak perlu panik yang terpenting teman-teman sudah mengidentifikasi resiko terlebih dahulu.

Prediksi kami, harga akan tetap bergerak naik untuk hari ini.

2016-11-17_ppro

Saham-saham ini akan selalu kami monitor dan kami juga memiliki beberapa saham yang memiliki probabilitas tinggi untuk menjadikan sebuah sinyal buy didalam watchlist saham unggulan kami.

Disclaimer:
Highlight dan rekomendasi saham kami adalah murni hasil analisa kami dan untuk kepentingan edukasi. Realisasi dari rekomendasi kami adalah keputusan akhir dari teman-teman trader.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *