Market Review

Prediksi IHSG dan Industri Pertambangan Minggu Depan… (31 Okt – 4 Nov 2016)

Selamat weekend teman-teman trader di seluruh Indonesia…

Yuk kita review seluruh pergerakkan index seluruh industri dan IHSG di minggu ini dan prediksi ke depannya.

IHSG

Minggu ini IHSG diramaikan dengan naiknya harga komoditas terutama batubara, IHSG terlihat stagnan atau stabil; dimana harga masih berada di area konsolidasinya, yakni 5380 – 5450. Sehingga bisa disimpulkan kenaikan beberapa harga komoditas tidak mempengaruhi IHSG melainkan hanya memberikan volume yang tinggi.

Lho? kenapa tidak menembus area konsolidasinya? jika dilihat lebih seksama lagi, teridentifikasi bahwa ada peperangan antara pembeli dan penjual yang menyebabkan harga tidak bergerak melainkan bergerak terbatas.

Minggu depan diprediksi harga akan bergerak keatas mendekati resistance area konsolidasi bahkan mungkin saja bisa menembus area konsolidasi JIKA memang ada dorongan dari big players/big boys/bandar sebagai buyer untuk membawa indeks melewati area resistance konsolidasi.

Kehadiran buyer dalam jumlah besar terdeteksi pada hari Kamis dan Jumat minggu ini. Mari kita monitor bersama pergerakkan selanjutnya.

2016-10-29_ihsg

Industri MINING (Pertambangan)

Mari kita review industri pertambangan dimana dipenuhi dengan keramaian mengenai naiknya harga komoditas terutama batubara.

Index di industri ini ternyata bergerak diluar prediksi, dimana prediksi kami minggu lalu, industri ini harga bergerak cenderung melemah dan melakukan aksi koreksi; ternyata harga bergerak keatas terus melanjutkan trend-nya.

Setelah dilihat lebih lanjut, ternyata pelanjutan trend-nya ternyata kurang begitu kuat; dan justru pada hari keempat minggu ini menunjukkan pelemahan, yakni menunjukkan graveyard doji pola candle dengan volume sangat tinggi. Kemudian pihak asing selalu berhasil membukukan net sell hampir di setiap harinya.

Prediksi kami harga akan melakukan koreksi ke area support di sekitar 1200-an.

Kami himbau untuk berhati-hati dan selalu waspada untuk seluruh saham yang menunjukkan sinyal buy di industri ini, karena ada kemungkinan harga akan berbalik ke area support-nya untuk koreksi.

2016-10-29_mining

Industri TRADE (Perdagangan, Jasa, dan Investasi)

Mari kita review industri yang kurang baik rekomendasi kami di minggu lalu.

Minggu ini harga ternyata membentuk dan mengkonfirmasi sebuah area konsolidasi kecil dan pada hari Jumat harga menembus support area konsolidasi kebawah menuju area support berikutnya di 830 – 840.

Pergerakkan membentuk area konsolidasi kecil tersebut ternyata dengan volume transaksi yang cukup besar dimana hal ini mengindikasikan seller atau penjual dalam jumlah banyak sudah mulai masuk dan akhirnya membawah harga kebawah. Pihak asing juga selalu berhasil membukukan net sell setiap harinya.

Hal ini menyimpulkan bahwa kita harus sangat hati-hati dengan saham-saham di industri TRADE untuk minggu ini bahkan ketika kita mendapatkan sinyal buy.

2016-10-29_trade

Industri FINANCE (Keuangan)

Apa yang terjadi di industri Finance?

Ternyata harga masih bergerak di area konsolidasi dengan volume transaksi cenderung bergerak berdasarkan rata-rata di 20 hari terakhir. Kemudian pihak asing juga cenderung melakukan akumulasi saham-saham di industri ini.

Industri ini cukup sehat bagi kita sebagai trader untuk menunggu sinyal buy.

2016-10-29_finance

Industri AGRI (Pertanian)

Harga di minggu ini mulai meninggalkan area support yang terbentuk dari konsolidasi sebelumnya; akan tetapi pada hari kelima (Jumat) harga kembali ke area sideways.

Pergerakkan harga ini diimbangi juga dengan tingginya volume yang mengindikasikan mulai masuknya buyer ke dalam pasar untuk mendorong harga keatas kembali. Pihak asing cenderung mulai mengakumulasikan mayoritas saham di industri ini.

Diprediksi harga akan memantul kembali keluar dari area konsolidasi karena candle panjang yang kembali ke area  konsolidasi memiliki volume kecil dimana mengartikan tidak adanya perlawanan dari buyer.

Saham-saham di industri ini yang memberikan sinyal buy layak ditunggu.

2016-10-29_agri

Industri CONSUMER (Konsumen)

Di minggu ini harga masih di area pattern triangle. Pattern triangle masih belum tertembus. Jika harga melampaui garis trend atas dengan volume besar dan asing mengikutinya maka trend index ini akan naik keatas.

Di minggu ini, volume bergerak dibawah rata-rata. Sedangkan pihak asing selama seminggu ini melakukan net sell sehingga bisa dikatakan pihak asing melakukan distribusi pada sebagian besar saham-saham di industri CONSUMER ini.

Minggu depan diperkirakan harga akan ke atas trend line atas. Dan saham-saham di industri ini yang memberikan sinyal buy layak ditunggu.

2016-10-29_consumer

Industri INFRASTRUCTURE (Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi)

Harga di minggu ini masih bergerak di area konsolidasi dengan volume yang cukup tinggi yang menandakan mulai munculnya buyer di area konsolidasi.

Volume transaksi di awal minggu cukup banyak dibandingkan dengan hari terakhir. Ini menginformasikan bahwa buyer muncul di tengah-tengah harga bergerak di area konsolidasi, akan tetapi pada hari-hari terakhir, pihak seller menguasai. Pihak asing masih stabil/stagnan cenderung melemah/distribusi posisinya

Diperkirakan harga akan terus bergerak di area konsolidasi sampai ada suatu berita atau ada kekuatan dari pemain besar/big boys/bandar yang mendorong mayoritas saham di industri ini didorong keatas.

Saham-saham industri ini yang memberikan sinyal buy layak ditunggu.

2016-10-29_infrastructure

Industri BASIC-IND (Industri Dasar dan Kimia)

Harga bergerak di minggu ini sesuai dengan prediksi kami minggu lalu bahwa harga akan melanjutkan trend keatas. Pelemahan trend sudah terlihat dengan mulai masuknya pihak seller didalam trend untuk menekan harga kebawah.

Volume transaksi meningkat dan diikuti dengan pihak asing yang terus menerus mengakumulasi saham-saham di industri ini.

Yang menjadi catatan adalah hari terakhir di minggu ini (Jumat), volume meninggi akan tetapi candle membentuk bullish pattern dengan body yang kecil DAN pihak asing berhasil melakukan net sell. Ini menandakan pihak Seller masuk dan trend up mulai melemah.

Saham-saham industri ini yang memberikan sinyal buy layak ditunggu.

2016-10-29_basic-ind

Industri MISC-IND (Aneka Industri)

Minggu ini harga cenderung bergerak di area konsolidasi, namun bergerak kebawah mendekati area support konsolidasinya dengan volume yang semakin membesar dan candle yang semakin mengecil. Ini mengindikasikan buyer sudah mulai masuk ke pasar.

Volume cenderung menguat dan harga cenderung melemah; kemudian pihak asing cenderung melepas posisinya di saham-saham didalam industri ini; hal ini mengindikasikan saham ini sudah melamah pergerakkan kebawahnya dan didukung juga pada hari terkahir di minggu ini (Jumat) terbentuk high wave doji dengan volume tinggi.

Diprediksi minggu ini harga akan bergerak menuju area resistance konsolidasi. Saham-saham yang berada di industri ini layak ditunggu sinyal buy-nya.

2016-10-29_misc-ind

Industri PROPERTY (Keuangan)

Minggu ini harga akhirnya melampaui area konsolidasi kecil nya ke area support konsolidasi besar dan membentuk doji dengan buntut yang reject area support dengan volume kecil. Pihak asing juga berhasil membukukan net buy.

Pada hari keempat di minggu ini, terdapat volume yang cukup tinggi yang menginformasikan kepada kita bahwa adanya buyer/pembeli yang cukup banyak juga; akan tetapi pihak asing masih stagnan yang mengartikan bahwa pihak asing masih belum ada keputusan untuk akumulasi saham-saham di industri ini.

Diperkirakan minggu depan harga akan masih di area konsolidasi besar. Hal ini menginformasikan untuk minggu depan kita masih bisa melakukan open posisi untuk saham-saham di industri ini ketika ada sinyal buy.

2016-10-29_property

KESIMPULAN

Dari seluruh industri yang kami analisa diatas, sebagian besar memberikan indikasi harga berada di area konsolidasi (sesuai dengan analisa IHSG). Kemudian dari seluruh industri memberikan masukkan bahwa ada beberapa industri yang perlu kita hati-hati dan menjadikan catatan.

Saham-saham yang berada di industri MINING dan TRADE patut diwaspadai karena indeks ada kecenderungan melemah karena indeks cenderung bergerak melemah karena koreksi.

Kemudian Saham-saham yang berada di industri FINANCE dan BASIC-TRADE memberikan peluang lebih besar kepada kita untuk lebih menguat lagi karena pihak asing masih melakukan akumulasi.

Happy trading and have a nice weekend teman-teman…

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *