Market Review

Minggu Lalu IHSG Bergerak Terbatas, Bagaimana Minggu Depan? (24 – 28 Oktober 2016)

Semangat pagi dan selamat ber-weekend ria teman-teman trader… ūüôā

Sambil kita berakhir pekan dengan keluarga, mari kita coba review dan menganalisa IHSG minggu lalu beserta dengan industri-industri dibawahnya; bukan hanya itu saja kami akan mencoba memberikan prediksi minggu depan akan seperti apa pergerakkannya.

IHSG

Mari kita mulai dari IHSG terlebih dahulu. IHSG minggu lalu terlihat bergerak terbatas di range 5386 Р5446. Pergerakkan terbatas ini ternyata diikuti dengan volume transaksi yang cukup besar. Hal ini sepertinya dipengaruhi ada dua berita besar yakni:

  1. Naiknya harga komoditas minyak mentah, batubara, dan CPO
  2. Pemangakasan bunga acuan oleh BI

Secara technical analysis terlihat IHSG masih bergerak terbatas didalam sideways; kemudian pihak asing selama 5 hari terkahir berhasil membukukan total net buy.

Bagaimana untuk minggu depan? Minggu depan diprediksi bergerak terbatas di area 5380 – 5450. Jika ternyata market menghendaki untuk trend keatas, maka IHSG akan breakout area sideways dan menuju area 5500 dan 5600.

2016-10-22_ihsg

Setelah IHSG bagaimana dengan industri-industri dibawahnya? mari kita ulas satu persatu.

Industri MINING (Pertambangan)

Industri ini di minggu lalu mendapatkan angin segar karena naiknya harga minyak mentah dan batubara. OK. mari kita lihat apa yang terjadi di pergerakkan index di dalam chart-nya.

Index ternyata sempat dibuka loncat naik dari harga pembukaan minggu lalu 1249 ke 1290 (harga tertingginya) dengan volume transaksi yang besarannya hanya rata-rata tidak terlalu tinggi. Ini menginformasikan kepada kita bahwa market meresponse berita pada awal minggu atas kenaikkan harga minyak tanah dan batubara.

Lalu, apa yang terjadi, harga mulai menolak untuk naik lebih tinggi hal ini terbentuk candlestick yang kecil-kecil dimana diikuti volume yang tinggi dan sangat tinggi (lihat dibawah); dan pada hari Jumat, harga mulai menunjukkan bearish sentiment dengan adanya candlestick bearish dengan body cukup panjang dengan volume rata-rata.

Dari pergerakkan harga yang terjadi, rupanya market belum rela untuk membawa harga lebih tinggi dan market mencoba untuk menurunkan harga dan untuk satu minggu ke depan ada kemungkinan harga bergerak kebawah menuju support untuk testing support yang telah ditembusnya.

Jadi karena harga minyak mentah dan batubara naik, ternyata market tidak langsung membuat index MINING “lari” keatas, karena untuk satu minggu ke depan sepertinya harga bergerak kebawah terlebih dahulu untuk testing support/demand. Area support/demand ini diidentifikasi ada dua, yakni area 1158 – 1195 dan area 1210 – 1232; dan area support/demand yang paling kuat adalah area 1158 – 1195.

Traders yang memilih emiten saham di industri MINING diharapkan berhati-hati untuk satu minggu ke depan. 

2016-10-22_mining

Industri FINANCE (Keuangan)

Minggu lalu muncul pemberitaan pemotongan bunga acuan oleh BI. kemudian, bagaimana dengan pergerakkan harga di industri FINANCE? mari kita lihat chart dibawah.

Harga selama seminggu bergerak terbatas dan mengkonfirmasikan sebuah sideways 800 Р810. Volume transaksi minggu lalu juga masih dibawah rata-rata harian 20 hari terakhir; akan tetapi yang perlu diperhatikan bahwa pihak asing selalu membukukan net buy di 5 hari berturut-turut. Berita pemotongan bunga ternyata tidak terlalu berimpact di industri ini.

Satu minggu ke depan, diperkirakan harga akan tetap di area sideways ATAU jika harga breakout area sideways dengan volume tinggi maka bisa dikonfirmasikan harga melanjutkan trend keatasnya.

Emiten saham di dalam industri ini layak kita tunggu signal buy-nya untuk dikoleksi.

2016-10-22_finance

Industri CONSUMER (Barang Konsumsi)

Pergerakkan minggu lalu di area 2485 Р2542 dengan volume melemah dan besaran investasi pihak asing cenderung stagnan atau stabil; kemudian harga juga mengkonfirmasikan terbentuknya triangle pattern.

Satu minggu ke depan diperkirakan harga akan bergerak masih terbatas dengan volume yang kecil atau bahkan mengecil. Akan tetapi JIKA market menginginkan harga keatas breakout triangle pattern dengan volume tinggi, maka diperkirakan harga akan melanjutkan trendnya keatas.

Emiten saham di dalam industri ini masih layak kita tunggu signal buy-nya untuk dikoleksi.

2016-10-22_consumer

Industri INFRASTRUCTURE (Infrastructur, Utilitas, dan Transportasi)

Pergerakkan harga di industri INFRASTRUCTURE ternyata menkonfirmasikan adanya sideways. Harga bergerak terbatas di bentang area 1095 – 1114 dengan volume transaksi sedikit dibawah rata-rata setiap harinya; hanya saja pihak asing berhasil membukukan net buy hampir setiap harinya.

Bagaimana prediksi minggu depan? harga masih bergerak terbatas di area sidewaysnya. JIKA marketing mengingkan harga breakout dari area sidewaysnya, maka diperkirakan harga akan memulai trend up-nya.

Emiten saham di dalam industri ini masih layak kita tunggu signal buy-nya untuk dikoleksi.

2016-10-22_infrastructure

Industri PROPERTY (Properti dan Real Estate)

Masih sama dengan minggu lalu, Industri ini masih bergerak sangat terbatas di area sidewaysnya. Yang menajdi perhatian adalah hari terakhir penutupan minggu lalu, Jumat, volume transaksi tinggi sekali diatas rata-rata akan tetapi candlestick yang terbentuk sangat kecil; hal ini mengindikasikan adanya peperangan antara buyer dan seller di area sideways.

Satu minggu kedepan diperkirakan, industri ini masih bergerak terbatas di area sidewaysnya. JIKA harga breakout sidewaysnya dengan volume tinggi, maka hal ini bisa menjadi suatu konfirmasi bahwa harga akan melanjutkan UP trendnya.

Emiten saham di dalam industri ini masih layak kita tunggu signal buy-nya untuk dikoleksi. 

2016-10-22_property

Industri TRADE (Perdagangan, Jasa, dan Investasi)

Minggu lalu di industri ini, harga bergerak trending keatas menuju area resistance/supply berikutnya. yang perlu menjadi catatan penting disini adalah terbentuknya candlestick dengan pola shooting star di area resistance; formasi ini menginformasikan kepada kita bahwa ada pelemahan harga di area resistance/supply.

Jika kita lihat dari sisi volume, mendekati area resistance/supply terlihat volume meningkat dan besar sekali di hari ketiga dan keempat; besaran body candle tidak begitu besar. Hal ini menginformasikan kita bahwa pelemahan trend sudah terlihat di hari ketiga dan keempat minggu lalu dikonfirmasikan adanya shooting star di hari kelima/Jumat kemarin.

Satu minggu kedepan, diperkirakan harga akan bergerak terbatas di range area 850 – 860. JIKA harga menembus resistance/supply area dengan volume tinggi, maka harga terkonfirmasi akan melanjutkan trend positifnya.

Traders yang memilih emiten saham di industri ini diharapkan berhati-hati untuk satu minggu ke depan. 

2016-10-22_trade

Indeks AGRI (Pertanian)

Indeks AGRI, minggu lalu dipengaruhi oleh naiknya harga CPO. Hal ini terlihat harga berhasil breakout dari sidewaysnya, akan tetapi harga kembali ke area sideways dengan volume transaksi yang lebih kecil. Pihak asing sedikit lebih banyak membukukan net sell.

Apa yang akan terjadi di minggu depan? harga diperkirakan akan bergerak sideways atau bahkan memantul keatas.

Emiten saham di dalam industri ini masih layak kita tunggu signal buy-nya untuk dikoleksi. 

2016-10-22_agri

Industri BASIC-IND (Industri Dasar dan Kimia)

Minggu lalu, index berhasil breakout akan tetapi harga kembali ke area aideways dan masih bergerak terbatas di area sideways setelahnya. Volume transaksi hariannya sedikit meningkat, kemudian pihak asing masih belum bisa menentukan posisi investasinya minggu lalu.

Minggu depan diperkirakan index ini akan bergerak didalam sideways atau breakout. JIKA harga kembali breakout keatas, maka bisa hampir dipastikan harga akan kembali ke up trendnya.

Emiten saham di dalam industri ini masih layak kita tunggu signal buy-nya untuk dikoleksi. 

2016-10-22_basic-ind

Industri MISC-IND (Aneka Industri)

Minggu lalu harga masih bergerak sama dengan minggu sebelumnya, yakni di area sideways. Volume yang terjadi meningkat dibandingkan dengan minggu sebelumnya, pihak asing cenderung belum menentukan posisi penambahan atau pengurangan investasinya.

Seminggu ke depan, diperkirakan index masih didalam area sideways akan tetapi kemungkinan harga breakout masih ada.

Emiten saham di dalam industri ini masih layak kita tunggu signal buy-nya untuk dikoleksi. 

2016-10-22_misc-ind

KESIMPULAN

IHSG diperkirakan akan bergerak terbatas. Kemudian dari seluruh industri, dua industri yang yang perlu diperhatikan di minggu depan pada saat kita ingin menambah posisi atau membuka posisi baru terhadap suatu saham.

Industri tersebut adalah MINING dan TRADE karena kedua industri ini diperkirakan sedikit melemah di minggu depan.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *