Market Review

Mau Kemanakah IHSG Minggu Depan (17 – 21 Oktober 2016)?

Halo teman-teman trader…

Semoga di weekend ini teman trader bisa beristirahat, berkumpul dengan keluarga dan rekan-rekan untuk menghilangkan penat setelah bekerja dan/atau trading minggu lalu. šŸ™‚

Mari kita lihat apa yang terjadi minggu lalu di IHSG?

Dari hari Senin (10 Oktober 2016) sampai dengan Jumat (14 Oktober 2016) market bergerak sideways dengan volume yang sedikit diatas rata-rata 20 hari terakhir. Kemudian harga saat ini sedang bergerak si support dari pergerakkan sidewaysnya. Market hari Jumat kemarin mencoba bergerak meninggalkan support dan menuju resistance terdekat, yakni sekitar 5500.

Satu minggu ke depan, diperkirakan harga akan bergerak terbatas sebelum mencapai 5500 pada akhirnya. Akan tetapi ini hanya prediksi kami, mari kita lihat satu minggu ke depan, kemanakah akhirnya market bergerak dan kemana akan bergeraknya.

2016-10-15_ihsg

 

Setelah kita melihat IHSG secara garis besar, mari kita lihat industri-industri yang berada dibawahnya.

Industri Keuangan (FINANCE)

Hampir serupaĀ dengan IHSG, market bergerak terbatas di minggu lalu dimana marketĀ membentuk candlestick pattern spinning top dan long legged doji yang menunjukkan pelemahan down trend, dan pada akhirnya hari Jumat (14 Oktober) membentuk candle panjang.

Hanya saja yang perlu diperhatikan disini adalah volume yang cenderung flat dan dibawah rata-rata 20 hari terakhir. Ini artinya belum ada aktifitas/transaksi yang significant untuk mengatrol harga naik.

Untuk minggu depan, harga sepertinya akan bergerak ke area 820, akan tetapi harga diperkirakan akan bergerak terbatas terlebih dahulu di area 800 – 810 sebelum akhirnya ke 820.

2016-10-15_finance

 

Industri Pertanian (AGRI)

Di industri pertanian secara keseluruhan, market masih bergerak trending down. di 5 hari terakhir minggu lalu, terlihat harga bergerak di area sideways dengan volume rendah.

Minggu depan diperkirakan harga masih bergerak sideways, akan tetapi jika break UP menembus area sideways dan garis trend line dengan volume tinggi, maka kemungkinan besar market akan bergerak lebih tinggi lagi ke area 1850.

2016-10-16_agri

 

Industri Dasar dan Kimia (BASIC-IND)

Industri ini masih bergerak flat di minggu lalu (5 hari terakhir). Jika harga bergerak keatas menembus resitance dari sidewaysnya dengan volume tinggi maka harga akan melanjutkan trend keatasnya. Akan tetapi jika harga bergerak menembus support dari sidewaysnya maka harga akan menuju support/demand berikutnya, yakni area 500-510.

2016-10-16_basic-ind

 

Industri Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi (INFRASTRUCTURE)

Minggu lalu, market bergerak sangat terbatas dengan membentuk doji candlestick patter dengan volume rata-rata di 20 hari terakhir. Market masih belum menunjukkan kepastian, dan saat ini market berada di area support.

Direkomendasikan untuk tidak trade saham dibawah industri ini.

2016-10-16_infrastructure

 

Industri Pertambangan (MINING)

Minggu lalu, marketĀ industri ini bergerak sangat agresif terutama di hari pertama minggu ini. Kemudian di hari ke tiga (Rabu) sampai dengan kelima (Jumat), market bergerak terbatas dengan volume diatas rata-rata 20 hari terakhir.

JIKA market turun, maka kemungkinan harga akan ke area 1150 – 1200 untuk retrace. Akan tetapi JIKA market naik, maka market akan melanjutkan trend nya. Momentum dan Trend masih keatas.

2016-10-16_mining

 

Aneka Industri (MISC-IND)

Minggu lalu, market masih bergerak sideways dengan volume dibawah rata-rata kecuali hari Jumat dengan volume tinggi. Minggu depan diprediksi market akan tetap bergerak sideways. JIKA harga breakout keatas dengan volume tinggi maka kemungkinan besar harga akan melanjutkan trend up nya.

2016-10-16_misc-ind

 

Industri Properti dan Real Estate (PROPERTY)

Minggu lalu, market industri ini masih bergerak sideways. Minggu depan diperkirakan akan ada breakout, akan tetapi masih belum bisa diprediksi arahnya. JIKA break up dengan volume tinggi maka diperkirakan harga akan berpotensi melanjutkan trend up-nya.

Waspadai untuk pergerakkan breakout down, karena di tiga hari terakhir berturut-turut asing berhasil membukukan net sell.

2016-10-16_property

 

Industri Perdagangan, Jasa, dan Investasi (TRADE)

Minggu lalu, di industri ini trending down dan belum ada sinyal untuk bergerak keatas. Untuk minggu depan diperkirakan harga akan masuk ke area support lebih dalam lagi ATAU membentuk sideways baru di area support/demand.

Direkomendasikan untuk tidak trade saham dibawah industri ini.

2016-10-16_trade

KESIMPULAN

Minggu depan, IHSG akan bergerak terbatas sebelum nantinya bergerak ke 5500. Kemudian saham yang tidak direkomendasikan untuk di trading adalah saham diĀ industri TRADE dan INFRASTRUCTURE

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *