Stock of the week

Mau Kemana Saham PPRO Untuk Minggu Depan? (31 Okt – 4 Nov 2016)

Banyak pertanyaan yang diajukan kepada kami yang menanyakan kemana saham PPRO di dua terakhir ini melalui jalur inbox kami di Facebook; dan mungkin saja banyak yang menanyakan hal ini di group-group WA atau forum-forum Facebook.

Berdasarkan permintaan ini, kami tertarik untuk melakukan analisa lebih mendalam terhadap PPRO. Analisa kami mengenai PPRO ini akan dimulai dari market index PROPERTY dimana industri saham ini berada.

Bagaimana dengan Index PROPERTY?

Seperti yang telah kami sampaikan pada analisa review mingguan atas IHSG dan industri minggu ini, Indeks industri property masih di area konsolidasi besar dan saat ini harga berada di support dari area konsolidasi besar dengan volume yang kecil.

Minggu ini, pergerakkan harga dengan volume besar mengindikasikan bahwa buyer sudah masuk ke pasar dan trend pergerakkan ke support area konsolidasi sudah melemah. Untuk satu minggu kedepan, indeks diprediksi akan bergerak menuju ke area resistance, akan tetapi mungkin pergerakkannya lambat dan terjadi konsolidasi kecil yang akan terjadi.

Dengan melihat kondisi pergerakkan harga seperti ini, maka kita cukup aman untuk membeli saham-saham di industri ini jika saham tersebut memberikan sinyal buy; dan kebetulan PPRO berada di industri ini. Mari kita lihat apa yang sedang dan akan terjadi.

2016-10-29_property

Trend Saham PPRO saat ini

Trend saham PPRO ini sedang bergerak naik. Dasarnya adalah terjadinya Higher High dan Higher Low yang terbentuk pada saat harga bergerak naik. Perhatikan gambar dibawah dengan seksama…

Harga saat ini sedang mengalami koreksi dan sedang berada di support area konsolidasi; dan memiliki potensi harga akan membentuk Higher low (HL) baru. Calon HL akan menjadi HL setelah harga menembus HH yang ada untuk membentuk high baru.

2016-10-29_ppro_trend

Momentum Saham PPRO masih kuat keatas

Saham ini memiliki momentum yang cukup kuat karena dua buah moving average yang masih melebar jaraknya.

2016-10-29_ppro_momentum

Support dan Resistance Yang Terbentuk

Kami telah mengidentifikasi Saham PPRO memiliki beberapa Support dan Resistance (SnR). SnR disini berupa area yang berupa area. Area ini terbentuk dari pergerakkan sideways atau bisa dibilang masa konsolidasi sebelumnya.

Harga saat ini berada di area Support yang terbentuk paling akhir. Jika harga menembus area Support ini, maka harga akan menuju area support berikutnya. Untuk posisi SnR yang berhasil kami identifikasikan dapat dilihat di chart dibawah.

2016-10-29_ppro_snr

Pola Candlestick Menolak Untuk Menembus Support Area Konsolidasi

Candlestick sangat penting untuk melihat perilaku dan psikologis para pelaku pasar, yakni trader dan investor. Pada hari terakhir minggu ini, ternyata harga menolak untuk menembus support area konsolidasi dengan volume tinggi jauh diatas rata-rata.

Hal ini memberikan kita informasi bahwa pihak buyer sudah mulai masuk ke pasar untuk tidak turun terlalu dalam (menolak untuk menembus support).

2016-10-29_cs-dan-volume

Bagaimana Posisi Bandar?

Setelah kita melihat posisi technical analysis dan cukup bagus hasilnya, mari kita lihat dan analisa posisi bandar untuk mengkonfirmasi technical analysis yang kita lakukan.

Pada saat harga yang digambarkan dengan candlestick menolak menembus support, ternyata pihak bandar melakukan akumulasi. Ini sebagai informasi kepada kita bahwa kehadiran bandar sudah ada sebagai upaya untuk mengangkat harga.

Bandar disini juga terlihat melanjutkan akumulasi sahamnya.

2016-10-29_bandarmologi

Bagaimana Dengan Next Action-nya?

Setelah kita melihat keserasian dari technical analysis dan bandarmologi, bagaimana dengan selanjutnya?

Bagi teman-teman yang sudah memiliki saham ini sebelumnya bisa hold sampai harga menekan dan berhasil melampaui support area konsolidasi yang terbentuk. ATAU jika teman-teman ingin menambah koleksi saham ini diperbolehkan (Averaging Up).

Bagi teman-teman yang belum memiliki, ini adalah kesempatan untuk buy.

Pertanyaan selanjutnya muncul, kapan? ada dua yaitu:

  1. Langsung Buy dengan Stop atau Cut Loss level dibawah garis support. Jadi bisa cut loss jika harga ternyata menekan dan pada akhirnya menembus area support.
  2. Menunggu harga menembus garis hitam putus-putus. Menembus maksudnya candle berikutnya close/ditutup diatas garis hitam tersebut. Level stop atau cut loss level sama, yaitu garis support area konsolidasi.

2016-10-29_waktubuy

Semoga analisa mendalam terhadap saham ini bisa membantu teman-teman untuk menganalisa posisinya terhadap saham ini dan memutuskan langkah selanjutnya.

Hasil analisa ini tetap ada Disclaimer-nya yah 🙂

Setiap analisa dan rekomendasi kami hanya untuk edukasi dan pengetahuan teman-teman. Keputusan akhir ada di tangan teman-teman.

Have a nice weekend teman-teman dan Happy Cuan selalu 🙂

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *