Komparasi 2 Emiten

Perbandingan FA dan TA antara TBIG dengan TOWR: 1 November 2017

Berikut kami sampaikan ulasan perbandingan Head to Head 1 sektor antara TBIG dengan TOWR, diulas secara FA & TA dalam timeframe Daily dan Weekly (untuk TA nya).

 

ANALISA FUNDAMENTAL

 

TCN TBIG VS TOWR

 

Berdasarkan laporan keuangannya, TBIG dan TOWR terlihat memiliki income statement yang hampir mirip. Total Penjualan kedua emiten terlihat sama-sama cenderung naik secara konsisten dari tahun 2014 hingga prediksi 2017. Namun ada sedikit perbedaan pada Laba Bersih yang didapatkan kedua emiten, dari grafiknya TOWR terlihat memiliki Laba Bersih yang cenderung lebih stabil dibandingkan TBIG. Jika ditinjau dari rasio Net Profit Margin (NPM), juga terlihat TOWR lebih mengungguli TBIG dari tahun 2015 hingga diprediksi 2017. Sementara itu jika ditinjau dari tingkat pengembalian modal dari ekuitasnya, TBIG justru lebih mengungguli TOWR. Hal ini dikarenakan nilai total ekuitas TBIG yang terus menurun tiap tahunnya. Dengan demikian dari laporan keuangan dan analisis rasionya, TOWR dinilai lebih menarik daripada TBIG.

 

NPM, ROE TBIG VS TOWR

 

Dari perspektif Valuation & Solvency, Rasio hutang TBIG sangat besar dibanding TOWR, sebesar 14.32x dari Ekuitasnya. Hal ini menggambarkan bahwa TBIG sangat bergantung pada hutang untuk menjalankan bisnisnya, dan ini bukanlah sesuatu yang baik.

 

PER DER PBV TBIG VS TOWR

Dari Valuasi harga sahamnya, secara PER baik TBIG dan TOWR pun menunjukkan harga yang cukup mahal, namun melalui perhitungan valuasi dari Nilai Buku sahamnya, TBIG menunjukkan harga sahamnya sekarang cukup mahal di 23.09, dan TOWR pun juga sebenarnya menunjukkan harga yang mahal, namun tidak se extreme TBIG. Berdasarkan 2 hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Harga saham kedua emiten tersebut tergolong mahal

 

ANALISA TEKNIKAL

 

Chart TBIG Daily

TBIG Daily: Pergerakan sedang menguji resisten 6800 dan dalam konsolidasi. Terjadi akumulasi yang menarik tiga hari yang lalu, sehingga menyebabkan Gap Up. Volume cenderung mengalami peningkatan tiap harinya. Stochastics bergerak menuju area jenuh beli dan MACD mengindikasikan sinyal bagus dengan semakin melebar ke area positif. Bisa difollow diatas 6850 dengan jalur atas 7025-7500-7650. Patah trend pada 6675 dengan jalur bawah 6550-6425.

 

Chart TBIG Weekly

 

TBIG Weekly: Kondisi sedang sideways pada area 6525 – 6900. Terdapat akumulasi sejak minggu lalu dan saat ini sedang menguji resisten minor 6900. Volume cenderung masih kecil. Stochastic GoldenCross pada minggu lalu dan MACD cenderung GoldenCross. Bisa di follow jika break resisten 700 yang merupakan resisten kuatnya, target 7725. Waspada jika break EMA5 6500 dengan jalur bawah 6250-6075.

 

Chart TOWR Daily

 

TOWR Daily: Saham ini cenderung tidak liquid. Terjadi distribusi sejak 4 hari yang lalu dan saat ini sedang menguji support 4100. Volume cenderung kecil-kecil. Stochastics dan MACD cenderung bergerak turun, menandakan bahwa terdapat perubahan trend menjadi downtrend. Waspada jika break support tersebut dengan target bawah 3900. Bisa dilirik kembali jika diatas 4200 dengan jalur 4300-4500-4590.

 

Chart TOWR Weekly

 

TOWR Weekly: Distribusi masih berlanjut dan saat ini sedang menguji support 4100. Volume cenderung kecil-kecil. Stochastic dan MACD sama-sama bergerak turun, menandakan akan terjadi perubahan trend menjadi downtrend. Waspada jika break support tersebut dengan jalur bawah 4050-3900. Bisa dilirik kembali jika diatas 4340 dengan jalur atas 4500-4590-4860.

Kesimpulan:

Dari segi Fundamental, dapat dikatakan TOWR memiliki performa yang cukup menarik dibanding TBIG. NPM relatif lebih tinggi, dan cukup bersaing di ROE nya. Nilai ROE kedua emiten juga cukup baik diatas 18%. Namun sayang, performa profitability kedua emiten cenderung menurun dari tahun 2015 ke prediksi 2017. Secara kesimpulan fundamental, TOWR memiliki performa yang lebih baik namun sayang harga sahamnya cenderung sudah mahal.

Dari segi teknikal, sangat terlihat bahwa TOWR malah menjebol support dan ada kemungkinan untuk downtrend baik dari daily maupun weekly, ditambah pergerakan saham ini kurang liquid. TBIG terlihat lebih menarik dari teknikal karena sedang berusaha menembus resisten nya. Untuk trading plan nya dapat dilihat diatas.

Bila diambil kesimpulan, dua emiten ini kurang menarik untuk diinves, namun untuk ditradingkan TBIG cukup menarik.

 

Salam profit konsisten
Teman Trader

We aim to make stock trading experience easy, simple, and yet profitable

Join Komunitas Teraktif
TETRA PERSONAL GRATIS TRIAL 7 hari: http://bit.ly/2yrif82 (free short course 1 hari)
Channel : http://t.me/temantrader
Group : http://t.me/tetrachat
LINE : http://line.me/ti/p/@temantrader
KASKUS: https://kask.us/iszP1
Investing: http://bit.ly/2xjKubR

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *