Komparasi 2 Emiten, Stock of the week

Perbandingan FA dan TA antara TRAM dan SOCI: 18 Oktober 2017

Berikut kami sampaikan ulasan perbandingan Head to Head 1 sektor antara TRAM dan SOCI, diulas secara FA & TA dalam timeframe Daily dan Weekly (untuk TA nya).
ANALISA FUNDAMENTAL

tcn
TCN

npm
NPM

Berdasarkan Income Statement, Terlihat SOCI lebih sehat dibandingkan dengan TRAM. Dari tahun 2014 hingga 2017 total penjualan TRAM terus menurun, hal ini berdampak pada Net Income TRAM yang terus mengalami kerugian dan masih diprediksi akan merugi pada akhir 2017. Lain halnya dengan SOCI yang masih sanggup mempertahankan total penjualannya selama 3 tahun terakhir sebesar ~1700 (in billion IDR). Pada akhir tahun 2017 SOCI diprediksi masih mampu mempertahankan total salesnya pada kisaran 1796 (in billion IDR). Kemudian jika dianalisa dari rasio profitabilitasnya, jelas Net Profit Margin SOCI lebih menarik daripada TRAM.

Nilai NPM SOCI cenderung stabil dari tahun 2014 hingga 2016 pada kisaran 15-27 % dan pada tahun 2017 NPM SOCI diprediksi mencapai 27 %. Nilai ROE SOCI juga cenderung lebih stabil dibandingkan TRAM, dimana dari tahun 2014 SOCI mampu memberikan imbal hasil 14% dari ekuitasnya dan pada tahun 2017 diprediksi mampu memberikan imbal hasil sebesar 11% dari ekuitasnya. Sementara itu nilai ROE TRAM sejak 2014 berada di zona negatif, karena mengalami kerugian, bahkan pada tahun 2016 dan 2017 nilai ROE TRAM berstatus N/A (NOT karena nilai ekuitasnya negatif.

npm
DER, PER PBV TRAM VS SOCI

Berdasarkan Valuation dan solvency, SOCI sangat mengungguli jauh performa TRAM yang kebanyakan negatif. Bahkan nilai SOCI sendiri pun cukup baik dengan rasio hutang 0.81, dan valuasi harga sahamnya yang cukup murah dengan PER 6.54 dan PBV 0.47. Secara valuasi harga, SOCI layak untuk diinvestasikan.

ANALISA TEKNIKAL

tram daily
Chart TRAM Daily

TRAM Daily: Belum ada tanda-tanda akumulasi yang bagus dan harga cenderung bergerak sideways pada area 127-146. Harga terlihat kesulitan untuk kembali diatas >EMA50. Stochastics masih berada pada area jenuh jual dan MACD mengindikasikan untuk GoldenCross (tinggal menunggu konfirmasi). Bisa diperhatikan jika >146 dengan jalur 158-188-202. Waspada jika breakdown support 127 dengan jalur 118-98.

tram daily
Chart TRAM weekly

TRAM Weekly: Dalam 3 minggu ini harga bergerak dibawah EMA5 dan belum ada tanda-tanda akumulasi. Tiap minggu volumenya semakin kecil. Stoschastics dan MACD menunjukkan bahwa harga sedang bergerak sideways. Bisa diperhatikan jika >153 dengan jalur atas 200-400. Waspada jika breakdown support 117 dengan target bawah 76.

soci daily
Chart SOCI daily

SOCI Daily: Distribusi masih berlanjut. Harga berulang kali gagal bertahan diatas EMA5 dan hari ini gagal breakout resisten 278. Volume masih kecil-kecil. Stochastics menunjukkan GoldenCross pada area jenuh jualnya, namun MACD bergerak di area negatif dan semakin melebar. Bisa diperhatikan jika >278 disertai akumulasi bagus dengan jalur atas 294-304-316. Waspada jika melanjutkan penurunan dengan target bawah 264-258.

soci weekly
Chart SOCI weekly

SOCI Weekly: Sama seperti daily masih melanjutkan distribusi, namun volume mulai mengecil yang berarti distribusi mulai menipis. Stochastics menunjukkan DeadCross dan MACD bergerak sideways. Bisa diperhatikan jika >296 dengan jalur atas 314-345-386-422. Waspada jika breakdown support 262 maka membuat harga terendah baru.

Kesimpulan: Secara FA terlihat SOCI jauh mengungguli TRAM. NPM ROE positif, nilai total penjualan cenderung stabil selama 4 tahun, dan mendapatkan laba yang stabil. Dari segi TA, SOCI masih menunjukkan adanya potensi penurunan. Terlebih lagi adanya sinyal distribusi yang masih berlanjut pada saham SOCI. Sementara itu TRAM juga masih belum menunjukkan adanya sinyal beli, masih menguji level supportnya, dan masih belum ada tanda-tanda akumulasi. Secara global baik SOCI maupun TRAM masih belum menunjukkan adanya sinyal beli, sehingga keputusan terbaiknya adalah wait and see untuk emiten ini.

Salam profit konsisten

Teman Trader

We aim to make stock trading experience easy, simple, and yet profitable

Join Komunitas Teraktif
TETRA PERSONAL GRATIS TRIAL 7 hari: http://bit.ly/2yrif82 (free short course 1 hari)
Channel : http://t.me/temantrader
Group : http://t.me/tetrachat
LINE : http://line.me/ti/p/@temantrader
KASKUS: https://kask.us/iszP1
Investing: http://bit.ly/2xjKubR

Disclaimer: Highlight dan rekomendasi saham kami adalah murni hasil analisa kami dan untuk kepentingan edukasi. Realisasi dari rekomendasi kami adalah keputusan akhir dari teman-teman trader. Pastikan eksekusi trading disesuaikan dengan money management yang baik dan benar.

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *