Komparasi 2 Emiten, Stock of the week

Perbandingan FA dan TA antara TELE dan ERAA: 11 Oktober 2017

Berikut kami sampaikan ulasan perbandingan Head to Head 1 sektor antara ERAA dan TELE, diulas secara FA & TA dalam timeframe Daily dan Weekly (untuk TA nya).

 

Analisa Fundamental

 

 

Perbandingan Fundamental antara TELE dan ERAA

Berdasarkan laporan keuangan kedua emiten, Total Sales dan COGS TELE dan ERAA cenderung memiliki kenaikan yang sama dari tahun 2014 hingga prediksi tahun 2017.

 

Namun jika dilihat perolehan Net Income TELE lebih besar dibandingkan Net Income rata-rata yang didapat ERAA. Hal tersebut tercermin pada grafik rasio Net Profit Margin (NPM), terlihat NPM TELE nilainya lebih tinggi daripada ERAA. Nilai NPM TELE berfluktuatif, sedangkan NPM ERAA cenderung lebih konsisten naik sejak tahun 2015. Selain itu dapat kita lihat nilai ROE ERAA yang konsisten naik dan masih di prediksi naik mencapai 8% pada tahun 2017. Dari hal tersebut, emiten ERAA terlihat lebih menarik dibandingkan TELE.

 

Dari segi Valuation dan Solvency, terlihat jelas ERAA sangat mengungguli TELE. Dapat dilihat dari rasio DER nya saja, TELE memiliki hutang lebih banyak. Dari segi valuasi pun, ERAA memiliki valuasi harga saham yang lebih murah dibanding TELE. PER TELE 17.42, hampir 2x dari ERAA, dan PBVnya pun 3x lebih besar dari ERAA. Terlihat bahwa harga sahamnya cukup murah ERAA untuk dikoleksi dan masih dibawah nilai wajarnya.

 

Analisa Teknikal

 

Chart TELE Daily

 

TELE Daily: Pergerakan harga kurang likuid dan saat ini sedang menguji support 1080. Kondisi masih sideways ditunjukkan dengan MACD yang bergerak hampir datar. Bisa diperhatikan jika >1120 dengan jalur atas 1145-1160-1185 (Terdapat banyak resisten berdekatan menunjukkan banyak halangan untuk naik). Waspada jika break down support 1080 dengan jalur bawah 1070-1030.

Chart TELE Weekly

TELE Weekly: Harga sedang berada tepat disupport 1100. MACD menunjukkan adanya penurunan, perlu diwaspadai jika break down support 1100 dengan jalur bawah 1025-895. Bisa diperhatikan jika breakout resisten 1160 dengan target atas 1315.

 

Chart ERAA Daily

 

ERAA Daily: Melanjutkan distribusinya setelah patah trend (break down EMA5), namun volume kecil-kecil. MACD terlihat baru saja Deadcross yang menunjukkan terjadinya perubahan trend. Perlu diwaspadai penurunan lanjutan, karena support 850 telah ditembus ke bawah. Jalur bawah 795-745. Bisa diperhatikan jika terdapat sinyal pembalikan setelah penurunan ini atau bisa juga diperhatikan jika > 870 dengan jalur atas 905-930.

Chart ERAA Weekly

 

ERAA Weekly: Terjadi aksi profit taking, namun volume masih kecil. Stochastics menunjukkan Deadcross, perlu diwaspadai jika break down support 805 dengan jalur bawah 760-690. Jalur atas 930-1035.

 

Kesimpulan: Secara global, fundamental ERAA mengungguli TELE. Dimulai dari perkembangan ROE nya, walau NPM TELE lebih tinggi, namun peningkatan nya lebih stabil di ERAA. Dari segi valuasinya pun ERAA masih menunjukkan harga sahamnya lebih murah.

Secara teknikal, baik TELE dan ERAA sedang dalam kondisi bertahan di support, bahkan ada yg sudah jebol support menuju downtrend. Timing untuk masuk ke saham-saham ini mungkin belum tepat sekarang, dapat dilihat di plan teknikalnya. Oleh karena itu, waspada untuk masuk pada 2 saham ini walau ERAA pun sudah cukup baik untuk value investing.

 

 

Salam profit konsisten

Teman Trader

 

We aim to make stock trading experience easy, simple, and yet profitable

 

Join Komunitas Teraktif

TETRA PERSONAL GRATIS TRIAL 7 hari: http://bit.ly/2yrif82 (free short course 1 hari)
Channel : http://t.me/temantrader 
Group : http://t.me/tetrachat
LINE : http://line.me/ti/p/@temantrader 
KASKUS: https://kask.us/iszP1 

Investing: http://bit.ly/2xjKubR

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *