Stock of the week

INKP Sudah Naik Tinggi. Apakah Masih Bisa Dikoleksi Untuk Investasi ?

Saham ini naik terus… Bagus gak sih? Bisakah Untuk Investasi?

Semangat pagi di siang hari teman-teman. Semoga teman-teman sehat selalu, bersemangat selalu di weekend yang indah ini, dan selalu dibawah lindungan Tuhan YME…
Untuk minggu ini stock of the weeknya kami memiliki refreshement dimana akan memiliki tema yang berbeda dari biasanya. Ya… kami akan membahas saham pilihan kami beserta dengan analisa fundamental dan technicalnya. Dengan menganalisa dari kedua sisi metode analisa ini, maka kita akan menjadi lebih mengetahui apa yang kita beli (fundamental analysis), kemudian kita bisa mengetahui dimana dan kapan kita bisa masuk ke pasar.
Kami akan mendahului dengan fundamental analysis terlebih dahulu untuk mengtahui “kesehatan” dari emiten yang sahamnya hendak kita trading atau invest kan.
Berikut adalah framework kami dalam menganalisa.
  • Kami akan memulai dengan profile dari perusahaan yang hendak kita ulas. Informasi company profile kami dapatkan dari website perusahaan tersebut, penyedia informasi seperti stockibit dan RTI.
  • Kedua, kami akan menganalisa fundamental dari emiten tersebut dimana kami akan melihat dari performa bisnis dari emiten atau perusahaan tersebut; setelah itu kami akan melakukan menghitung dari valuasi sederhana dari perusahaan tersebut. Valuasi hanya menggunakan metode sederhana yakni dengan PER (Price Earning Ratio) dengan nilai maximum 10x; jadi jika sebuah emiten memiliki PER lebih dari dari 10x akan kami pertimbangkan relatif lebih tinggi dari harga wajar.
  • Setelah kami menganalisa fundamental emiten tersebut, kami menganalisa dari sisi technical-nya untuk mengetahui reaksi market terhadap performa, valuasi bisnis, dan news yang ada dari emiten tersebut; selain itu Technical analysis kami pergunakan juga untuk action apa yang bisa dilakukan oleh trader atau investor terhadap saham tersebut.
OK. kita langsung saja untuk menganalisa saham INKP (PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk.).

Company Profile: INKP

PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Perusahaan yang memiliki kode saham INKP ini bergerak di bidang industri budaya, pulp & kertas industri.
Perusahaan memiliki fasilitas produksi di tiga lokasi, yakni Riau, Tangerang, dan Banten.
Perusahaan memproduksi bubur kertas (pulp), berbagai jenis produk kertas untuk keperluan tulis dan cetak, kertas fotocopy, kertas industri (kertas kemasan, corrugated shipping containers, food packaging, boxboard, dan kertas berwarna).
Shareholder dipegang sebagian besar oleh PT. Purinusa Ekapersada sebanyak 52.72%, kemudian sisanya sebesar 47.28% dimiliki oleh public yang bisa diperdagangkan di pasar modal.
OK. kita telah mengetahui sebagian besar bisnis dari PT. Indah Kiat ini. Bagaimana dengan performa bisinisnya? mari kita lihat pada bagian fundamental analysis dibawah.

Fundamental Analysis INKP

Business Performance INKP

Mari kita lihat dari kondisi ekuitas, asset dan liabilities (kewajiban) yang dimiliki oleh perusahaan.
Terlihat perusahaan memiliki asset yang meningkat significant yang dimulai pada tahun 2015. Semenjak dari tahun 2015 Sampai dengan tahun 2017 cenderung stagnan dan tidak ada pernambahan yang berarti. Asset 2017 ini masih berdasarkan laporan keuangan Q2 2017 yang terakhir.
Kemudian, jika kita lihat dari liabilities, terlihat pada tahun 2015 terdapat lonjakan, yang kemudian cenderung menurun sampai 2017. Hal ini mengindikasikan adanya willingness atau kemauan dari pihak management perusahaan untuk mengecilkan liabilities nya (dimana pada hutang juga termasuk didalam bagian liabilities ini).
Jika ditotalkan asset dan liabilities ini, maka menjadi equities dari perusahaan tersebut, dan terlihat bahwa perkembangan equities dari tahun ke tahun semakin meningkat dimana hal ini menandakan perusahaan tumbuh seiring dengan naiknya equity dari tahun ke tahun.
Kita telah mengtahui bahwa perusahaan tumbuh. Bagimana dengan pendapatannya?
Dapat kita lihat pada income statement dibawah, bahwa sales revenue (penjualan) meningkat mulai dari tahun 2015 dan setelah itu cenderung stagnan. Untuk tahun 2017 kami dapatkan angkanya dengan pendekatan annualized dari berdasarkan data laporan keuangan selama Q1-Q2 2017.
Finding yang menarik disini adalah, walaupun pendapatan dari sales atau penjualan cenderung stagnan, akan tetapi gross revenue sangat meningkat. Sepertinya ada efisiensi untuk  menekan COGS (Cost of good sold) atau bahan produksi untuk mendapatkan gross revenue yang maksimal.
Selain itu ada upaya efisiensi juga dari perusahaan untuk menekan operating expense sehingga hal ini untuk meningkatkan net profit atau net income yang cukup significant di tahun 2017 ini. Ada perkiraan kenaikkan sekitar 67% untuk net profit dari tahun 2016 ke tahun 2017.
Semua data tahun 2017 yang berada pada chart dibawah merupakan pendekatan asumsi dimana kami melihat kenaikkan Sales Revenue, Gross Profit, Operating Expenses, dan Net Profit berdasarkan data laporan keuangan Q1-Q2 2017.
Apa yang kita dapatkan disini? perusahaan sedang berkembang dan menanjak bisnisnya semenjak ada usaha untuk menaikkan asset dan incomenya pada tahun 2015.
Mari kita lihat ratio pentingnya seperti NPM, DER, PER, ROE.
Net Profit Margin semakin meningkat semenjak tahun 2015 dimana perusahaan ini melakukan perubahan terutama di efisiensi operating expenses.
Debt to Equity Ratio cenderung dari tahun ke tahun menurun, sehingga bisa disimpulkan management ada willingness untuk mengurangi “hutang”nya
RoE (Return on Equity) dari tahun ke tahun start dari tahun 2015 memperlihakan adanya improvement dan di tahun 2017 ini diperkirakan akan mencapai 12 persen; hal ini menunjukkan keseriusan dari pihak management untuk membuat perusahaan lebih efisien dan memberikan return yang lebih baik kepada stakeholder.
PER (Price Earning Ratio), kami akan menjelaskan lebih detail pada bagian berikut

Valuasi Saham INKP

Kita telah mengetahui perkembangan bisnis dari PT Indah Kiat ini yang cukup significant di 3 tahun terakhir ini. Bagaimana dengan apresiasi market terhadap saham INKP ini? Setelah kami cek ternyata masih bisa dikatakan market masih mengapresiasi murah terhadap saham INKP ini.
Kami menghitung valuasi dari perbanding harga saham dibandingkan dengan earning per lembar sahamnya (EPS). Valuasi ini menjadi PER (Price to Earning Ratio).
PER dari saham INKP saat ini dengan annualized net income 2017 adalah 5.89x dengan harga saham diperdagangkan terakhir di tanggal 29 September 2017, yakni Rp. 4190/lembar.
Kami memiliki rule of thumb bahwa perusahaan yang performa bisnisnya meningkat akan tetapi memiliki simple PER dibawah 10x dengan RoE dibawah diatas 10% dan bisnisnya semakin ada improvement atau berkembang, maka dapat kami golongkan sebagai saham yang layak sebagai saham layak investasi value investing. Untuk saham INKP tentu saja ini sangat layak untuk dapat diinvestasikan dengan metode value investing.
Untuk tahun 2017 kami menghitung EPS dan PER berdasarkan asumsi net income yang disetahunkan untuk mendapatkan perkiraan yang akan terjadi pada Full Year 2017 Laporan Keuangan atas Net Income nantinya.

Kesimpulan Analisa Fundamental INKP

Saham INKP sangat layak untuk investasi berdasarkan bisnis performancenya dan valuasinya. Teman-teman bisa men-tradingkan dengan swing pendek atau untuk investasi ke depannya paling tidak dengan target harga wajarnya yakni di PER 10x yakni sekitar Rp 8300/lembar sahamnya.
Wah bisa langsung masuk dong mumpung masih diskon jauh nih. Tunggu dulu! karena kita mencoba untuk menganalisa secara technical atau pergerakkan harganya. Apakah memang waktu yang tepat?
Mari kita ke bagian Technical Analysis untuk mendapatkan waktu yang tepat untuk masuk.

Technical Analysis INKP

Weekly Analysis INKP

Mari kita melihat pergerakkan harga di weekly timeframe. Kita mulai dari helicopter atau high view terlebih dahulu di timeframe weekly.
Terlihat harga membentuk Saucer Pattern dan menembus level 3300 dan langsung menguat dan sedang membentuk all time high selama saham ini melantai di bursa. Sebenarnya ini sudah menjadi sinyal lanjutan untuk masuk lagi ke market setelah para investor masuk di dasar saucer pattern. Walaupun begitu, apakah artinya beberapa minggu ke depan langsung masuk? nanti dulu… mari kita lihat di timeframe weekly dengan beserta dengan momentum dan volume transaksinya. Ada indikasi apa yang diberikan oleh harga.
Terlihat harga di minggu ini membentuk pola candlestick inverted hammer dan minggu ini terlihat menguji EMA5 sebagai support. Pergerakkan ini ternyata dibarengi dengan volume transaksi yang tinggi diatas rata-rata 20 hariannya. Hal ini mengindikasikan sudah adanya seller yang mencoba untuk aksi taking profit akan tetapi dari sisi buyer masih ada, sehingga ada kemungkinan untuk beberapa akan terjadi konsolidasi di area ini atau harga akan ada koreksi sedikit menuju level 3300.
Dari momentum, sepertinya momentum pergerakkan naik juga sudah mulai menghilang dan mulai tergantikan oleh momentum pergerakkan melemah.
Di timeframe weekly dapat disimpulkan bahwa penguatan saham INKP saat ini sepertinya sudah melemah, dan kehadiran seller mulai terlihat, sehingga kami melihat di beberapa minggu ke depan akan terjadi konsolidasi atau koreksi ke level 3300.
OK… sekarang mari kita lihat di timeframe daily, apakah timeframe daily menyetujui apa yang kita lihat pada timeframe weekly.

Daily Analysis INKP

Dari timeframe daily terlihat harga sempat menguji support minor yang terbentuk dari gap dan harga memantul. Diperkirakan harga masih akan menguat ke level 4000 – 4500. Namun… setelah kami lihat lebih lanjut lagi, pergerakkan menguat ini sifatnya memang tidak akan lama, karena pergerakkan menguat nya tidak dibarengi volume transaksi yang semakin membesar, justru semakin berkurang. Oleh karena itu sebagai trader wajib berhati-hati .
Namun, bagi investor bisa bersiap-siap untuk masuk kembali di harga yang maksimal, karena ada kemungkinan harga tidak akan kuat dan pada akhirnya akan melemah kembali. ke level sekitar 3000 – 3300. Ini adalah level yang sama dengan analisa kita di timeframe weekly.
Oleh karena itu dapat disimpulkan pada timeframe daily, harga masih akan bergerak menguat akan tetapi mulai melemah momentumnya dan bisa saja akan terjadi reversal sementara untuk menguji support di level 3000 – 3300. Ini belum pasti… kita harus melihat kembali reaksi harga ketika menyentuh level 4000 – 4500. JIKA memang harga bergerak menguat dengan diikuti volume transaksi yang semakin menguat, maka confirmed harga akan bergerak menguat kembali.
OK… itu adalah hasil analisa kami di timeframe weekly dan daily. Kemudian bagaimana view dan rekomendasi kami terhadap saham ini? mari kita masuk ke bagian Keseimpulan dan Next action dibawah.

Summary Dan Next Action Saham INKP

Mari kita summary dari apa yang kita dapatkan dari saham INKP ini dari sisi fundamental dan pergerakkan harganya.
Secara fundamental, Saham INKP ini adalah pilihan tepat karena saham ini masih memiliki potensi untuk bergerak naik tinggi mengingat harga saham saat ini masih jauh dibawah dari harga wajar yang kami hitung berdasarkan simple PER 10x. Target harga wajar di 8300 dan saat ini harga berada di 4190 (per 29 September 2017) dengan PER 5.89x.
Secara Technical atau Pergerakkan Harga, Harga saham bergerak naik tinggi dan ternyata harga sudah breakout dari puncak tertinggi di 3300. Dan saat ini harga saham masih mencatatkan all time high.
Walaupun sudah mencatat all time high, kami melihat sudah mulai adanya pelemahan kekuatan, sehingga kami melihat akan ada beberapa konsolidasi atau koreksi terlebih dahulu sebelum bergerak melanjutkan penguatannya.
Kami telah menyiapkan beberapa next action rekomendasi tergantung dengan tipe investasi teman-teman.
  1. Bagi teman-teman yang senang trading jangka panjang
    1. Sudah memiliki posisi, Hold terlebih dahulu, dan lihat reaksi harga ketika menyentuh level 4390 – 4500. Jika harga berhasil BREAKOUT dari resistance-resistance tersebut, maka ada kemungkinan harga akan bergerak lebih menguat lagi dan dibarengi dengan volume transaksi yang tinggi; teman-teman bisa menjualnya ketika tidak kuat lagi untuk take profit.
    2. Belum memiliki posisi, tunggu dulu, jangan langsung masuk dulu. Bagi teman-teman member TemanTrader PERSONAL, sudah ada sinyal buy pada 28 September 2017 lalu ketika harga memantul dari support minor dengan volume yang cukup besar.
      Walaupun begitu tenang saja, tunggu reaksi harga berada di level 4390 – 5000. Jika harga breakout dengan volume semakin menguat lagi, maka teman-teman bisa ikuti. Kemudian jika tidak kuat, sepertinya akan ada pelemahan pergerakkan harga atau adanya konsolidasi, dan kita harus  menunggu reaksi harga nantinya.
  2. Bagi teman-teman yang memang tujuannya untuk invest
    1. Bagi yang sudah memiliki posisi, hold. Dan jika ingin menambah posisi, ketika harga menembus level 4390 – 4500 ATAU ketika harga koreksi kembali ke level 3300.
    2. Bagi yang belum mengkoleksi saham ini, sama juga dengan rekomendasi kami nomor satu diatas, yakni tunggu harga breakout atau tunggu di level 3300.
Demikian ulasan dan rekomendasi yang dapat kami sampaikan. Mohon maaf jika ada salah kata dalam penyampaian kalimat kami. Semoga artikel dan pendapat kami ini bisa berguna bagi teman-teman terutama bagi analisa mingguan teman-teman bagi memang yang sedang mengincar, sudah memiliki, atau review saham INKP.
Sekali lagi, pendapat dan rekomendasi kami bukan paksaan atau ajakan untuk teman-teman melakukan aksi karena pendapat dan rekomendasi kami hanyalah pendapat kami guna keperluan edukasi. Keputusan akhir tetap berada di teman-teman. Disclaimer ON.
Pastikan teman-teman melakukan pembelian dengan money management yang terukur, baik dan benar.
Have a nice weekend with your family teman-teman… 🙂
Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *